Pasang Iklan Anda

Pasang Iklan Anda
Situs ini kami sewakan kepada anda pengusaha sewa mobil di Medan

Rabu, 22 Oktober 2014

Sinabung belum Jadi Bencana Nasional

Pemerintah Provinsi Sumut juga sudah mengajukan permohonan itu, hanya saja pemerintah pusat tidak menyetujui. Masa tanggap darurat yang berakhir 18 Oktober lalu sudah diperpanjang sampai 15 November. GUBERNUR Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho menyatakan bencana alam Gunung Sinabung tidak bisa dijadikan bencana nasional, seperti permintaan DPRD Sumut.

Pada dasarnya, kata Gatot, dirinya juga berharap bencana alam yang saat ini tengah melanda salah satu wilayah di Provinsi Sumut masuk kategori bencana nasional, sehingga bisa ditangani lebih komprehensif oleh pemerintah pusat. Namun, kewenangan untuk penetapan wilayah yang terkena bencana masuk kategori bencana nasional dimiliki pemerintah pusat.

“Untuk menetapkan letusan Gunung Sinabung masuk kategori bencana nasional ada parameternya. Di antaranya jumlah korban yang meninggal dan kerugian materi yang ditimbulkan. Pemerintah Provinsi Sumut juga sudah mengajukan permohonan itu, hanya saja pemerintah pusat tidak menyetujuinya,” ungkap Gatot, kemarin, saat menghadiri kesiapan personel kepolisian dalam menyambut pelantikan presiden terpilih Jokowi-JK di Lapangan Medan Merdeka.

Gunung Sinabung yang kini berstatus siaga (level III), berada di wilayah Kabupaten Karo, dan sudah meletus beberapa kali sejak tahun lalu.Masa tanggap darurat yang berakhir 18 Oktober lalu sudah diperpanjang sampai 15 November oleh Pemkab Karo, pada Minggu (19/10). Jumlah pengungsi tercatat 3.284 jiwa yang tersebar di 14 lokasi pengungsian.

Lebih lanjut Gatot menambahkan, Pemprov Sumut sudah mengajukan perpanjangan status tanggap darurat kepada pemerintah pusat. Itu dilakukan untuk penambahan amunisi semisal perpanjangan sewa rumah bagi para pengungsi, merelokasi kembali pengungsi yang masih bertahan di tenda, dan jaminan hidup bagi pengungsi.

“Pemerintah Provinsi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, saat ini sudah melakukan pendataan lanjutan. Saya berharap, semua keresahan warga yang ada di pengungsian bisa teratasi secara bertahap,” pungkas Gubernur Sumut. Sumber : Media Indonesia, 21/10/2014, Halaman : 12