Pasang Iklan Anda

Pasang Iklan Anda
Situs ini kami sewakan kepada anda pengusaha sewa mobil di Medan

Kamis, 23 Oktober 2014

Air Asia Indonesia Buka Rute Medan - Yogyakarta

MASKAPAI penerbangan berbiaya murah Air Asia Indonesia membuka rute penerbangan Medan-YogyakartaMedan. Pesawat Air Asia mulai menerbangi rute kedua kota sejak kemarin, ditandai dengan penerbangan dari Bandara Kualanamu, Medan menuju Bandara Adisucipto, Yogyakarta.

“Kami sungguh bangga untuk menjadi maskapai pelopor rute penerbangan Medan-Yogyakarta-Medan.Pembukaan rute ini merupakan wujud komitmen kami dalam menciptakan pasar baru dan menghadirkan konektivitas terbaik di Tanah Air,“ ujar Direktur Utama Air Asia Indonesia Sunu Widyatmoko dalam siaran pers di Jakarta, kemarin.

Kini, imbuhnya, warga Medan dan Yogyakarta dapat terbang langsung dengan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang, tanpa harus transit di Jakarta.

Dengan demikian, lanjut Sunu, rute itu semakin meningkatkan konektivitas udara yang lebih efisien, di samping berkontribusi dalam meningkatkan aktivitas komersial di antara dua kota tersebut.

Pihaknya optimistis tingkat keterisian penumpang (load factor) rute itu bisa mencapai minimal 80%, atau 150 kursi, untuk satu kali perjalanan.

Air Asia Indonesia saat ini mengoperasikan 119 penerbangan per minggu dari hub Medan ke beragam destinasi. Penerbangan ke Jakarta sebanyak 25 kali seminggu, Yogyakarta 1 kali sehari, Kuala Lumpur 7 kali sehari, Penang 31 kali seminggu, dan Bangkok 1 kali sehari. “Selama periode Januari¬ September 2014 kami menerbangkan 920.738 penumpang dari hub Medan, meningkat 41% dari 653.593 penumpang selama periode yang sama tahun lalu,“ papar Sunu.

Sebagai kota terbesar di Sumatra, Medan memiliki potensi luar biasa karena strategis dan menarik minat pelancong bisnis dan wisata.“Yogyakarta juga dikenal sebagai Kota Pelajar yang memiliki lebih dari 137 universitas dan mayoritas penduduknya ialah pelajar yang berasal dari kota-kota lain di Indonesia,“ katanya.

Selain ke Medan, dari Yogyakarta, Air Asia Indonesia melayani 74 penerbangan per minggu menuju Jakarta (28 kali per minggu), Medan (7 kali per minggu), dan Bali (14 kali per minggu) serta satu rute internasional menuju Singapura (7 kali per minggu). Sementara itu, Air Asia Malaysia melayani dua rute internasional menuju Kuala Lumpur (14 kali per minggu) dan Johor Bahru (4 kali seminggu).

Sepanjang 2013, Air Asia telah mengangkut 711.632 penumpang dari Yogyakarta, naik 28% jika dibandingkan dengan 2012 sebanyak 556.441 penumpang. (Riz/ E-4) Sumber : Media Indonesia, 22/10/2014, Halaman : 19