Pasang Iklan Anda

Pasang Iklan Anda
Situs ini kami sewakan kepada anda pengusaha sewa mobil di Medan

Sabtu, 11 Oktober 2014

Abu Sinabung Ganggu Penerbangan

GUNUNG Sinabung (2.460 mdpl) di wilayah Kabupaten Karo, Sumatra Utara, masih terus bergolak. Sejak Rabu (8/10) malam hingga kemarin dini hari, gunung itu tercatat sembilan kali menyemburkan awan panas dengan luncuran terjauh mencapai 4 kilometer ke arah selatan.

Tinggi kolom abu vulkanis membubung setinggi sekitar 3 kilometer. Abu terbawa angin yang bertiup ke arah timur sehingga menghujani wilayah Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, dan sekitarnya. Akibatnya, hingga kemarin sore setidaknya ada belasan penerbangan dari Bandara Kualanamu ke sejumlah tujuan dalam negeri dan luar negeri serta sebaliknya terpaksa dibatalkan. Maskapai yang mengambil kebijakan itu antara lain Garuda, Air Asia, Susi Air, Valuair, dan Silk Air.

“Kami ada 10 penerbangan (PP) yang batal terbang pada hari ini. Rutenya Medan-Kuala Lumpur 4 kali (PP), Medan-Penang 4 kali (PP), dan Medan-Jakarta 2 kali (PP),“ jelas Corporate Secretary Air Asia Indonesia Audrey Progastama Petriny, kemarin.

Manajer Humas dan Protokoler PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Kualanamu Dewandono Prasetyo Nugroho membenarkan adanya sejumlah maskapai yang membatalkan penerbangan.“Mereka (maskapai) tidak mau mengambil risiko,“ ujarnya.

Menurut Dewandono, abu mulai menghampiri kawasan bandara pada kemarin dini hari. Abu menutupi seluruh runway dan taxiway. Pihaknya langsung membersihkan area tersebut.

Selain menganggu penerbangan, abu juga merepotkan aktivitas warga, seperti terpantau di Medan. Polisi pun sibuk membagikan masker di Jalan Sudirman. “Kita ingin pengendara terhindar dari penyakit ISPA,“ kata Kasatlantas Polresta Medan Komisaris Budi Hendrawan. “Ini sangat positif,“ ujar Dewi, pengendara motor, mengomentari langkah polisi.

Menurut Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Jhonson Tarigan, aktivitas Sinabung semakin tinggi dalam beberapa hari belakangan ini, tapi belum ada penaikan status atau masih tetap siaga. (YN/PS/RIZ/Ant/X-5) Media Indonesia, 10/10/2014, hal : 2