Pasang Iklan Anda

Pasang Iklan Anda
Situs ini kami sewakan kepada anda pengusaha sewa mobil di Medan

Senin, 26 Mei 2014

Performa Prima Sedan Glamor Teana

PERUBAHAN mesin membawa dampak teramat positif pada kemampuan All-New Nissan Teana, khususnya pada torsi. Berkat itu, All-New Teana bukan saja menjadi sedan dengan tampilan dan fitur glamor. Kesan itulah yang didapat saat Media Indonesia mengetes All-New Teana, akhir bulan lalu di Bali.

Sugesti kemewahan terasa begitu memasuki kabin yang kental dengan balutan bahan kulit berwarna beige (krem). Sentuhan ornamen kayu di dasbor, pintu kedua sisi, hingga tuas transmisi semakin menajamkan kesan elegan.
Hal itu melengkapi modifikasi-modifikasi di sisi tampang, yakni grille depan kromium baru, lampu depan Xenon Projector Lens, juga fog lamp, dan pelek 17 inci berdesain anyar.

Penambahan dimensi panjang dan lebar sendiri terasa pada bertambahnya ruang kaki, baik di kursi depan maupun belakang. Saat duduk di kursi depan, tekukan kaki bahkan dapat lebih dari 45 derajat.
Wheelbase tidak berubah, tetap 2.775 cm.

“Pilar B ditarik lebih ke samping untuk sugesti lapang dan kursi belakangnya ditarik ke belakang,“ jelas Product Planning Supervisor PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Muhammad Ikhsan Satriawinandi di sela pengetesan.
Jok kursi yang didesain dengan konsep spinal support itu benar-benar sukses meredam kelelahan punggung sepanjang `tur' panjang Pulau Dewata dan menebalkan kenyamanan berkendara.
Banyak fitur pada interior yang memburatkan kesan glamor. Seperti, I-key push start button, steering switch audio control, cruise control, hingga power rear sunshade.

Fitur termutakhir lainnya ialah multi information display (MID) yang salah satu fungsinya memperingatkan pengemudi dengan ilustrasi tiga dimensi Teana saat fitur corner sensor di tiap sudut sedan ini mendeteksi objek yang terlalu dekat. Fitur yang dise but belakangan, juga rear view camera, merupakan dua fitur terkini.

Namun, fitur yang paling berhasil menyemburkan kesan borjuasi tetaplah sunroof. Andalan lain All-New Teana ialah sembilan speaker Boose yang membuat alunan musik benar-benar menggema jernih di kabin.
Torsi besar Bersama Teana, yang menjadi bos bukan hanya individu di kursi belakang. Sosok di balik setir kemudi pun bakal merasa menjadi `bos' dengan performa ciamik All-New Teana.
Semua berkat mesin 2,5 L baru berkode QR25DE empat silinder segaris 16 valve Twin CVTC yang menggantikan mesin lama enam silinder berkonfigurasi V (V6).

Perombakan itu dilakukan demi menghasilkan torsi yang lebih besar, yakni 23,8 kgm plus tenaga 172 PS.
Ditambah dengan transmisi anyar Xtronic CVT, responsivitas dorongan mesin saat kondisi lalu lintas stop and go, salip menyalip, sampai akselerasi di segala putaran mesin dapat dicapai dengan rpm relatif rendah. Semua diikuti oleh kesenyapan kabin yang patut diacungi jempol.

Bahkan, Media Indonesia mulus mencapai kecepatan 180 km/jam di tol Benoa hingga putaran mesin mentok di 6.000 rpm, dengan body roll stabil pula! “Biasanya CVT responsnya kurang. Tapi CVT yang dibawa di All-New Teana merupakan generasi baru dengan pengembangan, yaitu pengurangan gesekan internal 40% sehingga kehilangan daya di transmisi makin minim. Rentang rasio juga diperluas 17%, ini memengaruhi konsumsi bahan bakar,“ papar Ikhsan menjelaskan alasan di balik kemampuan moncer Teana.
Kinerja All-New Teana juga ditolong oleh active understeer control yang memaripurnakan banyak fitur keselamatan lain seperti ABS, BA, EBD, sampai SRS airbag<>, side airbag, dan curtain airbag. (Xan/S-2) - Media Indonesia, 22/05/2014, halaman 22